Senin, 07 September 2015

THAILAND TAK CUMA PUNYA BANGKOK

Siapa bilang jalan-jalan ke luar negeri harus mahal. Bagi saya yang tinggal di Pontianak, berwisata ke luar negeri bisa jadi jauh lebih murah ketimbang berwisata di dalam negeri. Hitung saja misalnya, tiket pesawat dari Pontianak ke Kuala Lumpur, Malaysia, oleh salah satu lowcost carrier hanya dibanderol sekitar 400 ribuan pada saat-saat tertentu. Harga itu jauh berada dibawah harga tiket Pontianak-Jogjakarta misalnya yang bisa mencapai satu jutaan.

Berjalan-jalan ke Thailand pun sebenarnya tidak butuh biaya besar. Dari Kuala Lumpur, akan ada banyak pilihan yang bisa digunakan untuk menembus Thailand. Yang tercepat tentu dengan menggunakan jalur udara. Berbagai penerbangan low cost hingga yang premium ke Thailand bisa dengan mudah kita temui di KLIA 1 dan KLIA 2, bandara udara Internasional di Kuala Lumpur. Dengan jalur darat pun, tersedia berbagai jasa penyedia angkutan yang bisa digunakan. Bus adalah yang paling umum dipakai jika ingin melakukan perjalanan darat antar negara dari Malaysia ke Thailand.


Bus Malaysia-Thailand ini sangat nyaman dan dilengkapi fasilitas wifi...
(sumber gambar: dok. pribadi)
Melakukan perjalanan dengan menggunakan bus sebenarnya adalah pilihan yang cukup efektif. Dengan memanfaatkan perjalanan bus malam, kita akan bisa menghemat biaya menginap di hotel karena bisa bermalam di dalam bus. Selain itu pula, kita bisa memilih bus seperti apa yang akan kita gunakan. Tentu harganya pun menyesuaikan. Dengan biaya sekitar IDR 300.000 dengan kurs saat itu, saya pernah mendapatkan sebuah bis yang nyaman dan dilengkapi fasilitas internet gratis yang lancar hingga ke ujung perbatasan. Sebagai orang Indonesia yang tak bisa hidup tanpa internet, ini tentu sesuatu yang menyenangkan.

Tapi jangan terburu-buru dulu berangkat ke Thailand. Tanpa informasi dan searching-searching sebelumnya, menyebut berwisata ke Thailand kita mungkin akan langsung menyebutkan nama Bangkok, Pattaya atau Phuket sebagai tempat tujuan. Tidak salah sih, tiga tempat itu memang yang paling populer. 

Tapi Thailand tidak cuma ketiga tempat itu. Ada banyak kota-kota lain yang tidak kalah seru dan mengasyikkan untuk didatangi. Terlebih jika kita termasuk orang yang tidak terlalu doyan dengan tempat wisata yang ramai dan sumpek.


Chao Praya di Bangkok, tapi Thailand nggak cuma punya Bangkok lho...
(sumber gambar: dok pribadi) 
Chiang Rai

Agak jauh ke utara Thailand, terdapat sebuah kota bernama Chiang Rai. Kalau dari Kuala Lumpur kota ini mungkin agak sulit untuk didatangi. Dengan Bus dari Bangkok saja membutuhkan waktu sekitar 11-12 jam. Tapi jauh bukan berarti tempat ini tidak populer. Chiang Rai adalah salah satu tempat tujuan wisatawan asing walaupun tak sepopuler Bangkok ataupun Pattaya.


Di Chiang Rai, kita bisa mengunjungi White Tample yang terkenal. Di sana juga terdapat Universitas yang di klaim sebagai yang terindah di Thailand. Selain itu, ada Golden Triangle, yang menjadi perbatasan Thailand, Laos dan Myanmar. Dahulu tempat ini terkenal sebagai tempat untuk perdagangan wisata, namun sekarang tempat itu sudah menjadi objek wisata.

Krabi

Krabi mungkin tak seterkenal Phuket. Tapi jangan salah, Krabi tidak kalah indahnya dengan Phuket. Plus juga tidak seramai Phuket. Krabi terbagi menjadi dua bagian, Krabi Town dan Ao Nang. Krabi Town adalah bagian kota yang terdapat berbagai pasar tradisional, museum, sanggar budaya, kuil-kuil Budha, serta event night market yang keren. 


Sementara Aonang, adalah daerah pantai dengan banyak bukit kapur yang indah. Berjarak sekitar satu jam perjalanan dengan menggunakan Songteaw yang tarifnya sangat murah. Buat para pencinta ketenangan, pantai Aonang harus jadi destinasi wajib. Cukup ramai namun tak seramai Phuket. Soal fasilitas pun, Aonang penuh dengan resort, hotel, restoran dan bar yang bisa kita pilih sesuai budget yang kita miliki.
Pantai dengan keindahan bukit kapurnya juga ada di Krabi...
(sumber gambar: dok. pribadi)
Chiang Mai

Chiang Mai, banyak dari mereka yang pernah berkunjung ke kota ini selalu menjadikannya sebagai tujuan wisata favorit. Kota yang tenang dengan perpaduan klasik dan modern yang unik adalah ciri khas kota Chiang Mai yang akan membuat siapa saja yang datang jatuh cinta.


Banyak aktivitas liburan yang bisa kita lakukan di Chiang Mai. Mulai dari belanja di pasar tradisional, pasar kuliner maupun pasar kerajinan. Ada pula Night Bazzar besar yang entah mengapa seperti sudah jadi ciri khas kota-kota wisata di Thailand. Lalu ada pula Old City Chiang Mai yang kaya akan sejarah Thailand.

Hatyai

Hatyai adalah kota wisata paling dekat jika kita ingin melakukan perjalanan darat dari Kuala Lumpur. Sebagai kota terbesar ke-6 di Thailand, Hatyai bisa jadi tujuan wisata untuk dikunjungi buat mereka yang sudah bosan dengan Bangkok. Ada berbagai pusat perbelanjaan besar dan banyak pasar-pasat tradisional yang bisa dikunjungi oleh mereka yang doyan belanja.


Tak cuma itu, di Hatyai kita bisa kunjungi Wat Hatyai, salah satu patung Budha tidur raksasa, Pantai Shamila dengan patung putri duyungnya, Tangkuan Hill untuk melihat panorama kota Shongkla dari puncak bukit, juga Patung Budha di puncak bukit di Hatyai Municipal Park.
Hatyai juga punya kuil Budha tidur yang keren...
(sumber gambar: dok. pribadi)
Thailand tidak cuma Bangkok, Phuket atau Pattaya. Kalau mau sedikit mencari informasi, kita bisa jadi mendapatkan banyak tujuan wisata yang tak kalah menarik dibanding tiga tempat wisata paling populer di Thailand tersebut. Dan saran saya, cobalah datang ketika Songkran (tahun barunya orang Thailand), barangkali bisa ikut main-main air. Pastilah seru! Dan Hati-hati basah.

18 komentar:

  1. akhir tahun mau ke chiang mai dan chiang rai........ yes yes yes :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik, bawain foto-foto yang keren yo bang..

      Hapus
  2. bener bangettttt... kmrn itu aku baru dr Chiang Rai, Chiang Mai... seruu bgt...tapi dari 2 kota itu fav ku chiang rai... mungkin krn kotnya lbh kecil, tapi bulenya lbh banyak, tempat hang out lbh variatif dan hotel tempat kita nginep tematik sex hahahaha..seru.. dan pgn bgt bisa balik ksana.. kalo chiang mai rada bosen, krn bnyk bgt wat -__-.. ampe mabok ngeliatnya ;p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahaha heboh tuh dapat hotel aneh begitu. Selalu aja ada cerita seru kalo traveling ke tempat baru. Teman-teman banyak yang bilang Chiang Mai menarik karena lebih tradisional...

      Hapus
  3. Mauuu, semoga segera bisa mengurus pasport dan visa hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ke Thailand nggak perlu visa mbak, pasport aja. Bikin Pasport juga gampang dan murah sekarang, serta cepat. Apalagi kalo pake online hehehe...

      Hapus
  4. Yaah Bangkok sm Patayya aja belom niiih... keliatan seru yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru dong, ayo cobain ke sana. Hitung-hitung cari pengalaman baru.

      Hapus
  5. Hai. Ijin blogwalking ya :)
    Ada lomba blog nih, hadiahnya keren!
    Klik aja link disini
    Makasih :D

    BalasHapus
  6. kalau ke thailand, paling pengen itu main-main ke Chiang Mai! Katanya sih chiang mai itu kayak yogyakartanya thailand gitu :D beneran nggak sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya sih kalo Chiang Mai lebih ke budaya, buat penggemar budaya dan sejarah pasti cocok. Saya juga belum pernah ke Chiang Mai...

      Hapus
  7. Balasan
    1. Coba dikunjungi mas, sesekali, siapa tahu bisa belajar pengelolaan wisata di sana trus di terapkan di pantai-pantai Indonesia yang nggak kalah dahsyatnya...

      Hapus
  8. Langsung ngiler pengen ke Thailand. Setuju mas, biaya dalam negeri kok ya lebih besar ya hihi. Tapi foto-fotonya kurang nih mas, greget deh!
    oh ya, sebentar lagi Paybill.id akan mengadakan lomba blog, jangan lupa ikutan ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maklum di dalam negeri wilayahnya luas, dan infrastruktur transportasinya belum dibangun merata, semoga pemerintah lebih serius membangun kesiapan wisata di Indonesia

      Hapus
  9. Iya bang kurang fotonya nih :(. SPot mana bang yang paling banyak disuka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rencananya kalau sempet mau bikin beberapa tulisan soal Thailand dan fotonya di sebar hehehe, belum semua kota di tulisan ini udah saya datangi sih, baru Hatyai dan Krabi, dan dua-duanya emang keren dan oke...

      Hapus

Copyright © 2014 SANTOSA-IS-ME