Sabtu, 05 September 2015

SEBELUM JALAN-JALAN KE LUAR NEGERI

Bicara pelesiran ke luar negeri, bayangan kita pasti akan selalu terpikir bakalan mahal, ribet namun tentu juga menyenangkan. Pikiran seperti ini tidak sepenuhnya benar, juga tak sepenuhnya salah.

Tapi sebenarnya prinsip dasar dari perjalanan atau traveling baik keluar negeri adalah bahwa semakin jauh tujuan yang akan dituju maka biaya transportasi untuk ke sana pun jelas akan lebih mahal. Jalan-jalan ke Eropa atau Amerika jelas perlu biaya berjuta-juta, karena untuk pergi ke sana pun jaraknya memang jauh. Sebaliknya untuk ke Australia, dana yang dibutuhkan tidak terlalu besar, karena jaraknya tidak terlalu jauh dari Indonesia.

Karena itulah, untuk saya yang tinggal di Pontianak, jalan-jalan keluar negeri bisa jadi jauh lebih murah ketimbang melakukan perjalanan ke destinasi wisata dalam negeri sekalipun. Cukup dengan tiket bus antar negara seharga sekitar 600 ribu rupiah untuk perjalanan pulang pergi serta buku paspor, saya sudah berhasil menginjakkan kaki ke Kuching, di Malaysia. Bandingkan biaya perjalanan ke Bali yang satu kali perjalanan pesawat saja bisa mencapai 1 juta rupiah. Bahkan konon ke Raja Ampat yang terkenal itu, kita harus menabung hingga sekitar 10 juta rupiah untuk transportasi. Padahal sama-sama masih di Indonesia.

Jadi pada intinya ke luar ataupun dalam negeri, semua tergantung jarak yang akan dituju. Semakin jauh, maka semakin mahal pula. Kalaupun ada cara untuk jalan-jalan jauh tapi murah adalah dengan minta dibayarkan. Tapi tentunya ini tidak mudah, namun bukan berarti tidak mungkin. Selalu ada saja caranya, entah dengan beasiswa, pertukaran pelajar, tugas perkerjaan dan macam-macam.

Beruntungnya, masalah transportasi yang memang mengambil cost paling besar dari budget traveling ini, kini juga sudah bisa diakali. Untuk asia, kini telah ada penerbangan low cost carrier yang membuat biaya transportasi jadi sedikit terhemat. Selain itu, berbagai promo yang dibuat maskapai juga membuat biaya perjalanan menjadi bukan lagi persoalan utama. Karena itulah, jalan-jalan ke luar negeri apalagi Asia Tenggara, kini bukan lagi sesuatu yang mewah. Sementara untuk Eropa, Afrika atau Amerika, tetap membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Kecuali mendapatkan promo, menang undian ataupun dibayarkan.


Berkat LCC, Now Everyone Can Fly...
(sumber gambar ; de.wikipedia.org)
Tapi jalan-jalan keluar negeri tidak cuma soal biaya perjalanan. Ada hal-hal lain yang juga perlu diperhatikan. Hal yang simpel dan sederhana sebenarnya, namun jika tidak diantisipasi bisa juga mengakibatkan budget kita tersedot. 

Visa

Visa adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam menyiapkan perjalanan ke luar negeri. Apa itu Visa? Secara sederhananya, Visa adalah izin untuk memasuki sebuah negara untuk penduduk dari negara lain. Untuk kita pemegang paspor Indonesia, tidak semua negara menerima kita dengan bebas. 

Ada 3 macam negara tujuan terkait visa ini. Yang pertama adalah negara yang membebaskan Visa untuk pemegang paspor Indonesia. Di negara-negara ini kita bebas masuk tanpa harus mengurus visa terlebih dahulu. Beberapa negara asia tenggara seperti Malaysia, Singapura dan Thailand adalah contoh negara yang bisa kita kunjungi tanpa harus mengajukan visa. Meski pun di negara-negara bebas visa tersebut kita gratis masuknya, namun bukan berarti kita bisa bebas juga. Ada aturan serta jangka waktu yang tetap harus kita perhatikan.

Yang kedua adalah negara yang menerima Visa on Arrival atau biasa disingkat VoA. Untuk mengunjungi negara-negara ini, kita tetap harus memiliki Visa. Namun kita tidak perlu repot, karena pengurusan Visa dapat dilakukan setelah kita tiba di negara tujuan. Yang harus diingat adalah bahwa mengurus Visa membutuhkan biaya yang harus dibayarkan sesuai kebijakan negara masing-masing. Karena itu ada baiknya sebelum berangkat ke negara VoA, kita mencari info berapa biaya yang harus dibayarkan, sehingga kita bisa mempersiapkan budget tersendiri untuk Visa ini.

Yang ketiga adalah negara-negara yang mengharuskan kita mengurus pengajuan Visa sebelum diizinkan berangkat ke negara yang ingin kita tuju. Pengajuan ini bisa kita lakukan di Kedutaan Besar negara tujuan yang biasanya ada di Jakarta. Kalaupun tidak ada di Indonesia, berarti kita harus mengajukannya di kedutaan besar negara tersebut di negara terdekat kita. Repot kan? Memang begitulah. Namun kini, beberapa negara sudah memberlakukan e-Visa sehingga pengurusan Visa bisa dilakukan secara online. Hal ini tentu membuat pengurusan Visa jadi lebih praktis. Semoga saja kedepannya, makin banyak negara yang memberlakukan e-Visa ini.

Salah satu contoh Visa, dan ini ada harganya lho...
(sumber gambar: mynameisputu.blogspot.co.id
Perbedaan Nilai Tukar Mata Uang

Perbedaan kurs mata uang harus juga menjadi salah satu hal yang kita perhatikan. Pergi ke negara-negara dengan kurs mata uang yang tidak jauh berbeda dengan rupiah adalah cara yang tepat untuk menghemat biaya jalan-jalan. Pergi ke negara-negara dengan mata uang yang lebih besar, berarti harus menyiapkan budget yang juga lebih besar.

Di negara dengan mata uang yang tidak berbeda jauh dengan kita, biaya hidup yang akan kita keluarkan jika berkunjung juga akan lebih murah. Karena itulah, di negara-negara macam Thailand atau Malaysia, kita akan dapat biaya sewa yang masih wajar bahkan bisa jadi lebih murah. Begitu juga kita bisa dapat makanan yang setara dengan harga-harga makanan yang biasanya ada di Indonesia. Sebaliknya di Singapura, dengan nilai tukar yang lebih tinggi, kita akan mendapati makanan yang sama namun akan terasa lebih mahal ketimbang di Indonesia.

Informasi yang Cukup

Salah satu hal penting yang saya sarankan sebelum melakukan perjalanan wisata ke luar negeri adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat atau kota yang kita tuju. Mulai dari destinasi-destinasi wisata di sana, makanan-makanan, bahasa yang digunakan, sistem transportasi dan segala macam seluk-beluknya.

Hal yang paling penting dan vital yang saya rasakan perbedaannya ketika kita melakukan perjalan di dalam negeri dengan di luar negeri adalah kemudahan akses informasi. Di Indonesia, selama ada sinyal yang bisa ditangkap oleh operator kita, maka akses informasi akan selalu tersedia. Sementara di luar negeri, operator selular yang biasa kita pakai tidak akan berfungsi untuk mengakses internet. Kita harus membeli kartu seluler di negara tersebut untuk senantiasa mendapatkan akses. Selain itu tidak semua negara menyediakan akses internet murah dari perangkat seluler. Akibatnya terpaksa kita hanya mengandalkan titik-titik wifi gratis yang tidak di semua tempat bisa kita temui.

Namun meski mengumpulkan informasi sebelum berangkat itu penting, jangan pula semua informasi tersebut kita jadikan panduan baku ketika melakukan perjalanan. Saran saya, jadikan informasi-informasi yang dikumpulkan itu sebagai alat bantu saja, entah acuan atau standar harga ketika ingin belanja. Terlalu kaku mengikuti informasi yang mungkin kita dapat dari pengalaman orang lain, bisa jadi membuat kita melewatkan kejutan-kejutan menarik yang mungkin akan kita temukan sendiri.

Tentu bukan cuma 3 hal tersebut yang perlu diperhatikan ketika melakukan perjalanan ke luar negeri. Ada banyak hal lain yang lebih penting seperti paspor, dan waktu yang cukup. Tapi ada baiknya rencanakan perjalanan anda jauh-jauh hari, dengan demikian akan ada banyak persiapan dan penghematan yang bisa dilakukan.

Baiklah, semoga beguna. Dan selamat jalan-jalan ke luar negeri.
Foto dengan bendera lain, bukan berarti nggak Nasionalis...
(sumber gambar: dok. pribadi)

8 komentar:

  1. Wah, terima kasih banyak atas infonya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sami-sami, terima kasih juga kunjungannya. Ada rencana jalan ke luar negeri.

      Hapus
  2. yg pasti traveling itu slalu bikin nagih ;).. aku nyesel kenapa baru mulai jalan2 itu 2010... itu jg krn suami..kalo dia mah udh start traveling dgn ortunya sjak umur 3 bulan :D.. dan aku iriii...ga keitung lg tempat2 yg udh didatangin... makanya setidaknya ini mw ngajarin anakku dr bayi utk suka traveling jg mas ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah hebat mbak, dan beruntungnya juga ketemu pasangan yang juga suka traveling. Saya juga baru-baru ini berani traveling ke luar, dulunya main dekat-dekat saja. Itupun berkat diracun teman, hehehehe... cuma ya itu mbak, nasib karyawan kantoran liburnya nggak banyak. Rencana sih tahun depan pengen ke India. Ntar semoga dapat cerita menarik buat diceritain...

      Hapus
  3. Balasan
    1. Keren, yuk mari jalan-jalan ke luar negeri

      Hapus
  4. Halo,
    Apakah Anda secara finansial turun? mendapatkan pinjaman sekarang dan bisnis Anda menghidupkan kembali, Kami adalah pemberi pinjaman dapat diandalkan dan kami memulai program pinjaman ini untuk memberantas kemiskinan dan menciptakan kesempatan bagi yang kurang istimewa untuk memungkinkan mereka membangun sendiri dan menghidupkan kembali bisnis mereka. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami melalui email: (gloryloanfirm@gmail.com). mengisi formulir Informasi Debitur berikut:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    silahkan mengajukan permohonan perusahaan yang sah.

    BalasHapus


  5. GLOBAL FUND FOUNDATION : PEMIMPIN DALAM LAYANAN KEUANGAN

    GLOBAL FUND FOUNDATION adalah penyedia layanan keuangan berskala nasional, tetapi kami melihat diri kami sedikit lebih dari itu.

    LEBIH DARI SEKEDAR PENYEDIA LANYANAN KAMI ADALAH MITRA ANDA
    Untuk individu: Ketika datang ke pembiayaan, kami melampaui. Kami tidak hanya melihat angka-angka, kami membangun hubungan yang panjang dan berkelanjutan dengan klien kami. Pendekatan "pelanggan pertama" kami adalah alasan yang membuat pelanggan datang kembaAli.

    Untuk bisnis: Kami melihat diri kami sebagai mitra bisnis Anda. Baik Anda memerlukan hipotek komersial untuk pembelian lahan baru atau uang muka kecil untuk memfasilitasi persyaratan arus kas Anda, kami adalah jaringan layanan keuangan yang masuk ke Kanada.

    KAMI TAHU APA ITU MENGAMBIL.
    Bank tidak melihat Anda apa adanya, mereka bekerja demi keuntungan dan memperlakukan Anda seperti komoditas perdagangan. Kami tahu apa yang diperlukan untuk membuat klien kami senang dan itulah sebabnya kami menjamin layanan VIP untuk semua pelamar kami. Lupakan janji dan jadwal perbankan yang tidak fleksibel; kami selalu tersedia dan siap membantu Anda.

    KITA MENYELESAIkAN PEKERJAAN
    Ada alasan mengapa klien kami terus datang kembali. Kami memiliki layanan pelanggan terbaik di negara ini, reputasi terbaik dan waktu perputaran tercepat. Kenapa pergi ke tempat lain?

    KAMI MEMILIKI SEMUA KEUNGGULAN.
    Volume, keahlian, layanan pelanggan, berbagai mitra pemberi pinjaman dan hubungan yang tak tertandingi: persyaratan untuk tingkat persetujuan aplikasi tertinggi - semuanya dimanfaatkan hanya untuk Anda.

    Setiap orang disambut untuk melakukan bisnis dengan kami, kami tidak keberatan dengan nilai kredit Anda, semua orang diperlakukan sama

    GMAIL:: globalfundfoundation9@gmail.com

    sama sama


    BalasHapus

Copyright © 2014 SANTOSA-IS-ME