Selasa, 15 September 2015

CARA EFEKTIF AGAR PRODUKTIF MENULIS

Menulis bukan perkerjaan baku dan teks book. Tidak ada aturan baku bagaimana bisa membuat seseorang jadi produktif dalam menulis. Masing-masing penulis punya caranya tersendiri. Bisa saja diikuti, namun tidak juga selalu pas untuk tiap orang. Karena itu setiap penulis perlu menemukan cara menulisnya sendiri yang dinilai paling nyaman.


Tapi berdasarkan pengalaman yang saya alami, ada beberapa tips yang mungkin berguna untuk membuat kita produktif dalam menulis.


Sediakan waktu khusus untuk menulis

Setiap orang memiliki waktu tersendiri dimana ia biasanya lebih nyaman untuk menulis. Saya lebih suka menulis pada malam hari. Sementara beberapa penulis yang saya kenal, ada yang terbiasa menulis di dini hari menjelang subuh, atau bahkan di jam kerja. Intinya dimana waktu yang paling nyaman dan membuat kita terasa lancar untuk menulis, gunakanlah waktu tersebut untuk menulis.

Nikmati waktu menulis semaksimal mungkin...
(sumber gambar: arismenulis.com)

Tangkap ide dan segeralah tulis

Ide bisa datang dimana saja, seringkali bahkan ditempat yag tidak kita duga. Ketika sebuah ide muncul, segeralah tangkap ide tersebut. Kemudian sesegera mungkin bangun ide mentah tersebut menjadi sebuah ide dasar entah dalam bentuk premis ataupun kerangka dasar. Setelah memiliki waktu yang senggang unuk mulai menulis, kita akan punya setumpuk ide yang bisa kita garap.

Fokus pada target

Setiap mengerjakan sebuah naskah entah itu pendek ataukah panjang, tentukan target kapan kita akan menyelesaikannya. Dan yang paling penting juga adalah pastikan kita memenuhi target yang kita tetapkan tersebut. Beberapa penulis mungkin bisa menggarap beberapa perkerjaan menulis sekaligus, namun untuk tahapan pemula seperti saya, fokus menyelesaikan satu persatu target adalah cara yang lebih disarankan. Nanti ketika kita telah cukup disiplin dan mampu bersahabat dengan deadline, barulah kita mungkin bisa dianggap siap untuk menyelesaikan beberapa karya sekaligus.

Buatlah outline

Untuk sebuah karya panjang, saya biasa membiarkannya mengalir begitu saja. Namun mengerjakan karya panjang dengan terlebih dahulu membuat outline akan sangat membantu. Selain membuat penjaga cerita agar tidak melenceng kemana-mana, outline juga membuat kita bisa membagi cerita dalam bagian-bagian tertentu entah per bab atau per bagian. Hal ini akan terasa sangat meringankan dalam proses pembuatan karya yang mungkin memakan waktu berbulan-bulan.

Buat diri senyaman mungkin

Lakukan apapun yang bisa membuat kita nyaman ketika menulis. Menyiapkan snack dan makanan, memutar musik kesukaan, memajang foto orang kesayangan, adalah beberapa cara yang mungkin biasa digunakan. Intinya buat kegiatan menulis menjadi kegiatan yang menyenangkan dan tidak menjadi beban.

Pasang tekad kuat untuk menyelesaikan tulisan

Godaan ketika menulis itu banyak bukan main. Mulai dari godaan buat bermedsos, main game, nonton DVD, tidur, macem-macem. Kalau nggak punya tekad yang kuat, menyelesaikan satu karya saja susahnya bukan main. Karena itu tekadkan diri kita ketika mulai mengerjakan sebuah tulisan, kita akan menyelesaikannya. Berikan reward jika seandainya kamu mampu menyelesaikannya dengan baik. Dan sebaliknya, berikan hukuman jika kita tidak bisa memenuhi target yang ditetapkan.

Terkadang diri perlu sedikit dipaksa agar tulisan selesai...
(sumber gambar: blog.nulisbuku.com)

Jangan pernah berhenti mengisi diri

Membaca adalah keharusan bagi seorang penulis. Dengan membaca, akan memperkaya kosakata dalam menulis. Dengan membaca juga akan menambah pengetahun si pembaca. Membaca adalah modal bagi setiap penulis. Karena itu biasanya kegemaran menulis selalu bermula dari kegemaran membaca. Analoginya, jika kita ingin menulis sebesar buah apel, tidak mungkin kita membaca lebih sedikit dari itu. Setidaknya kita harus membaca sebesar labu. Karena dari pengalaman membaca itulah kita bisa menulis. Sesekali tidak ada salahnya mengikuti pelatihan kepenulisan ataupun berdiskusi dalam komunitas kepenulisan.


28 komentar:

  1. terima kasih tips2nya mas.. sangat membantu

    BalasHapus
  2. waaaah...bagus banget tipsnya. perlu diterapin niih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga sukses, menulis banyak tantangan. Tapi kata orang kalau udah cinta kan, biar tantangannya lautan juga bakal disebrangi...

      Hapus
  3. menyisihkan waktu.. dan membuat target, 2 poin yang paling penting menurut gue..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, karena kedisiplinan adalah kunci untuk semua profesi, termasuk penulis...

      Hapus
  4. Menulis jadi sesuatu yang sehat dan menyenangkan kalo ditekunin dengan baik, jadi poin-poin di atas bener banget, dan godaan saat menulis emang bukan maen besarnya hehe. Pikiran bisa mudah terdistraksi kalo kita ngga pasang tekad kuat. Gua setuju kita harus buat diri kita senyaman mungkin saat menulis, biar ga jadi tekanan.

    "Fokus pada target" cukup sulit diterapin untuk diri gua sendiri hehe, jadi masih butuh banyak "penggerak" dari internal dan eksternal biar ide yang udah ada di kepala bisa secepetnya dituangin.

    Terima kasih ya tips-tipsnya, very helpful.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah terima kasih. Namanya menulis kadang butuh konsentrasi dan kedisiplinan. Sera niat yang sungguh-sungguh. Saya juga masih belajar. Sejauh ini berat, tapi saya yakin kalau tekun sih pasti kesuksesan akan menghampiri kita.

      Hapus
  5. Aku lebih sering nulis pas jam kerja. Feelnya dapet pas di tmpt kerja, hihi

    Dan gangguan pas nulis itu emang bener banget. Apalagi yang medsos, duh.. sering ga inget waktu klo udah buka medsos, hehe

    Makasih tipsnya. Bermanfaat sekali..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bisa ya, nulis sambil kerja hahaha.. kalau saya malah tengah malam, jadinya pagi sering bangun telat pas mau kerja.

      Setuju banget kalo medsos itu distraksi paling kuat. Kalau udah medsosan ada aja yang bikin keterusan. Harus keras membatasi diri sih.

      Hapus
  6. saya kalau lagi nulis malah kalau bisa jauh dari snack. soalnya yang ada nanti malah ngemil terus xixiixii.. palingan air putih yang wajib 'nyanding' :)

    btw, nice tips, apalagi buat saya yang masih mood-moodan dalam menulis :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua punya caranya sendiri, kalau saya malah nggak bisa jauh dari makanan. Bawaannya lapar melulu kalau lagi nulis...

      Hapus
  7. Yang paling menyakitkan itu...
    udah ada ide, siap2 ngetik,eh, ternyata baru inget ada yang lebih penting...
    terus waktu siap2 mau ngetik lagi, lupa....
    lupa kalo punya blog...
    salam kenal... ^-^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahahaha Ini juga sering banget kejadian yang sama buat saya. Bahkan kadang kalaupun ingat, nggak tau kenapa perasaannya jadi beda gitu. Mungkin emang masih amatiran banget kalo saya mah....

      Hapus
  8. Kalau saya random waktu nulisnya tapi paling enak malem, sih. Yang penting ga ada distraksi :) Enaknya ditemeninmusik easy lisening sama camilan. Tapi sekarang saya lagi ngurangin camilan, nih. Gantinya sama minum teh. Eh tapi tetep nyaman, kok :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe kalau malam, camilan itu kayaknya hal yang wajib ya....saya juga gitu...

      Hapus
  9. kalo aku malah sukanya nulis itu lewat tengah malam, pas momen2 sunyi sepi khas tengah malam. Terkadang jam jam segitu ide ide menulis banyak yang datang haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mas, cuma kadang-kadang kalau siangnya banyak kerjaan, bawaannya malam udah tepar duluan hahahaha... tekad juga penting sih ya...

      Hapus
  10. yeah.. target dan tekad itu perlu banget buat bisa jaga konsistensi ngeblog. huh.. harus dijaga ini konsistensi ngeblog gue..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga, biasanya suka malas update kalau udah sibuk heheheh... maklum masih bloger amatiran...

      Hapus
  11. Dulu waktu sd sy penah meulis beberapa cerita pendek,,tapi makin lama kok jadi males ya seiring dengan bertambahnya umur,hehehhe
    tp hasrat menulis sy mulai tambah lagi setelah menginjak bangku kuliah,,

    terimakasih tipsnya kakak..sangat membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting dibawa enjoy aja dan jangan pernah berhenti, malas sih wajar ya, cuma kalau mau diturutin ya bisa malas terus... hheheheehe

      Hapus
  12. Tangkap ide dan segeralah tulis, dan jam paling efektif saya pas jam kerja *dilempar penggaris sama atasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ini bahaya nih, hehehe tapi saya juga kalau di kantor senggang ya nyambil juga terutama buat update blog hehehe

      Hapus
  13. Wah gilaaa! Ini nih yang gue cari-cari. By the way, gue paling susah pasang tekad buat menulis huhu. Kadang kalo udah kekumpul tekadnya eh ilang lagi gara-gara males.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha pengalaman yang sama mas, semoga kita diberi jalan yang lurus yah di dunia tulis menulis ini...

      Hapus
  14. Wah makasih idenya, kebetulan lagi writers block nih hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga jangan kayak saya ya, kalau writer block suka lama heheheh

      Hapus

Copyright © 2014 SANTOSA-IS-ME