Rabu, 26 Agustus 2015

UNTUNG KETIKA RUPIAH MELEMAH

Bagi kita penghuni Indonesia, beberapa hari belakangan ini memang penuh dengan ke khawatiran. Bagaimana tidak, setiap membaca berita yang di dengar melulu tentang ekonomi Indonesia yang sedang mengalami berbagai cobaan. Termasuk juga melemahnya rupiah yang saat tulisan ini ditulis, US dollar sudah berada di harga Rp. 14.100,-. Terburuk sejak krisis ekonomi 1998 yang menerpa Indonesia.

Banyak faktor yang menyebabkan pelemahan rupiah seperti yang terjadi saat ini. Salah satunya adalah karena berbagai kebijakan yang diambil oleh bank sentral Amerika Serikat untuk penguatan ekonomi negerinya. Dan dampak kebijakan tersebut adalah menguatnya dollar terhadap mata uang negara lain, termasuk rupiah. Untuk informasi, tidak hanya mata uang rupiah saja yang terkena dampak, namun hampir seluruh mata uang lainnya.

Kepengen rasanya digaji pake US Dollar...
(sumber gambar: www.forexindo.com)
Tentu saja, penguatan dan perbaikan ekonomi di Amerika Serikat hanya satu faktor. Banyak faktor lain yang memperburuk krisis ekonomi global. Jatuhnya harga minyak mentah dunia, kebijakan ekonomi negara-negara ekonomi besar seperti China, dan termasuk faktor-faktor seperti konflik Korea, juga turut andil membuat dampak krisis ekonomi makin terasa di seluruh dunia. Di dalam negeri sendiri, tampaknya kebijakan fundamental ekonomi kita juga tidak terlalu kuat untuk membenduk krisis ekonomi kali ini.

Terlepas dari semua hal tersebut, serta saling salah menyalahkan soal perbaikan ekonomi ini, ternyata ada juga bisnis yang justru menguntungkan alias memperoleh berkah lebih dari pelemahan nilai rupiah ini. Apa saja, ini adalah diantaranya:

Produk Ekspor

Tidak perduli apapun produknya, selama ia di ekspor dan dibayar dengan dollar, jelas akan merasakan keuntungan yang lebih besar. Terlebih buat pengekspor dengan negara tujuan Amerika Serikat yang memang mengalami perbaikan ekonomi. Perbaikan ekonomi berarti konsumsi yang lebih besar. Konsumsi besar yang lebih besar tentu juga memberi peluang peningkatan nilai ekspor yang lebih besar. 

Untuk saat ini, produk-produk ekspor unggulan Indonesia masih berkisar di sektor hasil perkebunan seperti Kopi, kelapa sawit (CPO), karet dan Kakao, sektor kelautan yaitu udang, serta sektor furniture. Dari berita yang beredar, banyak pengusaha ekspor yang mengaku mendapat peningkatan pesanan ketika harga US Dollar menguat seperti sekarang ini.

Para eksportir mendapatkan berkah di tengah musibah...
(sumber gambar: bandung.bisnis.com)
Bisnis Pariwisata 

Indonesia sudah terkenal keindahan alamnya sangat luar biasa. Namun sayangnya, yang kerap kali dikenal oleh para wisatawan mancanegara melulu Bali. Padahal banyak spot-spot wisata di Indonesia yang masih bisa dieksplor lebih luas. Akibatnya, meski Indonesia memiliki lebih banyak kekayaan alam maupun budaya, popularitas kita di dunia pariwisata untuk wilayah asia tenggara sekalipun masih ketinggalan jauh dari Thailand atau Singapura.

Nah, momen pelemahan rupiah seperti saat ini adalah momen yang sangat tepat untuk serius mempromosikan wisata Indonesia kepada wisatawan asing mancanegara terutama Amerika Serikat. Seperti rumusan sebelumnya, membaiknya ekonomi berarti belanja yang lebih besar termasuk juga belanja untuk wisata. Apalagi warga Amerika Serikat dan juga Eropa sangat terkenal suka plesiran.

Bisnis wisata bisa meliputi banyak hal. Mulai dari maskapai pernerbangan, biro perjalanan, hunian wisata, hingga segala jasa yang ditawarkan untuk para wisatawan. Semuanya kemungkinan besar akan kecipratan keuntungan dari pelemahan rupiah. Namun sebaliknya, hal ini juga berpotensi akan menghambat wisatawan dalam negeri yang ingin melakukan perjalanan keluar negeri.  

Indonesia punya banyak potensi wisata yang belum terkelola dengan baik
(sumber gambar: cnnindonesia.com)
Dua bisnis itu adalah beberapa diantaranya yang merasakan buah manis dari pelemahan nilai rupiah. Sebenarnya masih banyak yang juga meraih keuntungan dari melemahnya rupiah ini. Yaitu mereka yang mendapat bayaran dalam bentuk US Dollar, seperti tenaga kerja Indonesia di luar negeri, praktisi Google Adsense, kontributor untuk media asing, dan masih banyak lagi.

Namun meski ada yang mendapat berkah dari pelemahan rupiah, tentu yang mendapat kerugian juga banyak. Salah satunya adalah para importir. Dengan pelemahan rupiah, harga barang-barang impor juga akan menjadi lebih mahal dari biasanya. Dan sialnya angka impor Indonesia masih sangat tinggi, bahkan termasuk produk-produk yang jadi kebutuhan masyarakat sehari-hari seperti kedelai, daging sapi dan beras. Tapi lagi-lagi kalau mau liat sisi positifnya, ini juga bakalan bikin produk lokal jadi bisa bersaing soal harga dengan produk impor ini. Yah, asal pemerintah tetap bisa menjaga daya beli masyarakat sih.

Bagaimana? Tertarik juga untuk mendapatkan keuntungan ditengah lesunya mata uang rupiah seperti sekarang ini? 

3 komentar:

  1. Halo, nama saya Nona. Dwiokta Septiani Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Anita Charles pemberi pinjaman cepat, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 430 juta dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan. Jadi saya berjanji saya akan berbagi kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan semacam pinjaman, hubungi Ibu Anita melalui email: anitacharlesqualityloanfirm@mail.com.
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: septianidwiokta@gmail.com
    Sekarang, semua saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman yang saya kirim langsung ke rekening mereka.

    BalasHapus
  2. Hello Everybody,
    My name is Mrs Sharon Sim. I live in Singapore and i am a happy woman today? and i told my self that any lender that rescue my family from our poor situation, i will refer any person that is looking for loan to him, he gave me happiness to me and my family, i was in need of a loan of S$250,000.00 to start my life all over as i am a single mother with 3 kids I met this honest and GOD fearing man loan lender that help me with a loan of S$250,000.00 SG. Dollar, he is a GOD fearing man, if you are in need of loan and you will pay back the loan please contact him tell him that is Mrs Sharon, that refer you to him. contact Dr Purva Pius,via email:(urgentloan22@gmail.com) Thank you.

    BORROWERS APPLICATION DETAILS


    1. Name Of Applicant in Full:……..
    2. Telephone Numbers:……….
    3. Address and Location:…….
    4. Amount in request………..
    5. Repayment Period:………..
    6. Purpose Of Loan………….
    7. country…………………
    8. phone…………………..
    9. occupation………………
    10.age/sex…………………
    11.Monthly Income…………..
    12.Email……………..

    Regards.
    Managements
    Email Kindly Contact: urgentloan22@gmail.com

    BalasHapus
  3. Halo,
    Saya Mrs Olivia Daniel, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di:
    (Oliviadaniel93@gmail.com)


    DATA APLIKASI

    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) Sex:
    6) Status perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi sekarang di tempat kerja:
    10) Pendapatan Bulanan:
    11) Jumlah pinjaman yang diperlukan:
    12) Durasi Pinjaman:
    13) Tujuan pinjaman:
    14) Agama:
    15) Apakah Anda menerapkan sebelum:
    16) Tanggal Lahir:
    Terima kasih,

    BalasHapus

Copyright © 2014 SANTOSA-IS-ME