Jumat, 28 Agustus 2015

BERLATIH MENAMBANG IDE

Bagi seorang penulis, ide adalah sesuatu yang sangat berharga. Sebuah karya tulis dari apapun itu, selalu dimulai dari sebuah ide. Beberapa penulis mencari ide dengan cara yang unik. Ada yang sambil berendam, ada yang sambil (maaf) buang air besar, ada yang dengan jalan-jalan, dan ada juga bahkan yang dengan mengurung diri di kamar. JK Rowling pun menemukan ide untuk menulis Harry Potter ketika sedang melakukan perjalanan di dalam sebuah kereta api.

Belajar dari JK Rowling, ide bisa muncul dimana saja...
(sumber gambar: twitter.com)
Meski sering kali kemunculan ide itu bergantung pada mood, namun seorang penulis profesional haruslah bisa memancing ide bukannya hanya menunggu ide muncul. Karena jika hanya menunggu, kita tidak tahu kapan si ide itu muncul. Walaupun memang ada penulis yang seperti ini, namun hal ini tentu tidak baik untuk produktifitas seorang penulis. Dan tentu juga tidak disukai oleh editor.

Ada yang bilang, ide yang baik itu munculnya tidak bisa dipaksakan. Ada benarnya juga. Banyak penulis yang menemukan ide untuk karya-karya terbaik mereka justru dari tempat yang tidak di duga. Namun bukan berarti kita harus pasrah menunggu ide itu datang dengan sendirinya. Kita bisa mencoba melatih untuk memancing ide.

Tulis apa saja secara rutin

Membiasakan diri menulis apa saja adalah cara sederhana untuk melatih munculnya ide. Tidak perduli itu ide bagus ataupun buruk, kita bisa menyimpannya untuk lain waktu. Hal ini akan membuat kita memeliki bank ide. Suatu saat nanti, ketika kita membuka-buka kembali bank ide ini, mungkin saja kita akan menemukan ide yang menarik untuk dieksekusi menjadi sebuah tulisan.

Mengecek berita hari ini

Berita adalah sumber ide yang tiada habisnya. Setiap pagi jangan pernah lewatkan kesempatan untuk melahap habis isi surat kabar. Tentu tidak cukup dengan membaca saja. Kita juga bisa mencoba melihat sebuah berita dengan berbagai sudut pandang. Kalaupun ada yang menarik akan lebih baik jika kita bisa membuat kliping untuk berita-berita tersebut. Percayalah cara inilah yang dipakai Gola Gong untuk memancing ide.

Berita-berita di surat kabar sering kali jadi inspirasi ide...
(sumber gambar: foto.viva.co.id)

Mencoba mengasosiasikan dua hal yang tidak berkaitan

Pernah mencoba memikirkan dua hal yang sama sekali tidak berhubungan. Misalnya tentang pohon apel dan seseorang pria yang sedang mencari cinta sejati. Apa ide yang bisa kita gali dengan dua hal yang tidak berkaitan itu? Lelaki yang putus asa, kemudian jatuh cinta pada pohon apel? atau Pohon apel yang jatuh cinta dan berubah menjadi perempuan cantik? atau seorang pria yang teringat dengan kenangan dibawah pohon apel yang hendak ditebang bersama kekasih dicintainya yang telah tiada? Lihat sudah berapa ide yang tercipta kan?

Berkeliling untuk jalan-jalan

Ketika sedang pusing memikirkan ide, cobalah untuk berjalan-jalan sejenak. Coba cari tempat-tempat baru yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Pasar pagi, warung kopi, pasar malam, pinggir jalan, puncak gunung.  Tentu saja jalan yang tidak sekedar jalan. Melainkan mengamati sambil berimajinasi. Pikirkan hal-hal yang mungkin saja terjadi di tempat-tempat yang kita kunjungi tersebut dari berbagai sudut pandang.

Itulah tips-tips yang mungkin bisa digunakan untuk memunculkan ide menulis. Sebenarnya hal ini tidak sulit jika kita sudah terlatih. Percayalah, ide itu bertebaran dimana-mana, tinggal kitanya saja mau atau tidak menggalinya dan menariknya keluar dengan imajinasi kita.

Good luck! Selamat mencoba.

2 komentar:

  1. Sepakat, kita tidak harus selalu menunggu ide datang, tapi kita harus 'merangsang' ide itu untuk keluar. Kalo saya sih, biasanya ide datang dengan sendirinya. Kebanyakan pas menabung di pagi hari hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe setiap orang punya caranya sendiri-sendiri, dan unik-unik juga caranya... kalau saya sih lebih bingung gimana caranya biar bisa istiqomah menulis...

      Hapus

Copyright © 2014 SANTOSA-IS-ME