Kamis, 27 Agustus 2015

KARNAVAL KHATULISTIWA 2015

Pontianak mungkin boleh dibilang hanya kota kecil yang berada di pesisir barat pulau Kalimantan. Karena itu, jarang sekali kota saya ini memiliki event-event setingkat nasional.

Untuk event daerah sendiri, kota ini memeliki beberapa di dalam kalender pariwisatanya. Mulai dari titik kulminasi, pekan gawai dayak, cap go meh, hingga perang meriam karbit saat malam takbiran. Namun event-event tersebut skalanya tidak cukup besar. Paling tidak untuk sampai bisa menghadirkan seorang Presiden Republik Indonesia sebagai pembuka acara.

Pak Jokowi ikut serta dalam karnaval...
(sumber: doc pribadi)
Pada akhir pekan kemarin, tepatnya Sabtu tanggal 22 Agustus 2015 kemarin, di Pontianak dihelat sebuah event besar berskala nasional bertajuk Karnaval Khatulistiwa. Event ini diselenggarakan dalam rangka peringatan ulang tahun Republik Indonesia yang ke-70 tahun. Tidak tanggung-tanggung, acara ini menghadirkan Bapak Presiden Jokowidodo berserta Ibu negara Iriana Jokowidodo untuk membuka acara tersebut. 

Aksi akrobatik TNI AD...
(sumber gambar: doc pribadi)
Aksi marching band dari TNI AL...
(sumber gambar: doc pribadi)
Menjaga ketertiban peserta adalah PR panitia kedepannya...
(sumber gambar: doc pribadi)
Atraksi seni suku Dayak....
(sumber gambar: dok pribadi)
Perwakilan dari DKI Jakarta pun hadir dengan kendaraan berbentuk monorel
(sumber gambar: dok pribadi)
Bentuk kegiatan sendiri adalah karnaval yang mengambil dua jenis rute yaitu di beberapa ruas jalan kota Pontianak serta melalui jalur air yaitu melintasi sungai kapuas. Hebatnya, event karnaval ini menghadirkan perwakilan dari 24 provinsi se-Indonesia. Selain itu diikuti pula perwakilan beberapa instansi pemerintah dan BUMN seperti BNPB dan PLN. Tidak hanya itu, event ini juga menyiapkan panggung hiburan rakyat yang menghadirkan beberapa artis ibukota macam Slank, Ello dan para bocah berbakat bentukan Erwin Guttawa, Diatas Rata-rata.

Putri Indonesia Lingkungan 2015 asal Pontianak pun turut serta
(sumber gambar: dok pribadi)
Perwakilan Lantamal XII Angkatan Laut RI...
(sumber gambar: dok pribadi)
Tiap daerah hadir dengan keunikannya masing-masing...
(sumber gambar: dok pribadi)
Serta menampilkan hasil kekayaan daerahnya...
(sumber gambar: dok pribadi)
Dan pastinya kekayaan budaya daerah yang beragam...
(sumber gambar: dok pribadi)
Sebenarnya informasi seputar kegiatan ini cukup terlambat di sosialisasikan. Entah kurang update atau bagaimana, tapi bahkan saya yang berkerja di dunia media baru merasakan hingar bingar kegiatan ini beberapa minggu menjelang hari pelaksanaan kegiatan. Bahkan informasi lengkap mengenai kegiatan dan siapa penyelenggaranya juga sulit untuk diakses.

Namun dengan segala kekurangan yang ada, kegiatan kemarin tersebut terbilang sukses. Walaupun banyak hal-hal dilapangan yang tampaknya tidak diantisipasi secara matang oleh para panitia, namun selayaknya itu menjadi pembelajaran untuk menyelenggarakan event yang lebih baik pada tahun kedepannya. Saya pun berharap semoga kegiatan ini menjadi sebuah event yang berkesinambungan dan semakin membesar sehingga mampu menarik mata banyak orang untuk melihat ke kota kecil di pesisir barat borneo.

Semoga menjadi event yang berkesinambungan dan semakin besar...
(sumber gambar: bulet.in)
Saya percaya Pontianak punya potensi untuk dilirik dan dicintai banyak orang. Dan Karnaval Khatulistiwa ini adalah salah satu jalannya.

4 komentar:

  1. wah acaranya keren euy! Pontianak itu panas gak sih? hihi

    BalasHapus
  2. Wah! Karnaval khatulistiwa ini keren bangeet! Kalau di solo dan jogja biasanya hanya fashion weeks sih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya keren banget mbak, tahun ini yang pertama kali diadakan, mudah-mudahan tahun-tahun kedepannya bisa lebih sering diadakan....

      Hapus

Copyright © 2014 SANTOSA-IS-ME