Sabtu, 29 Agustus 2015

MEMULAI BISNIS DENGAN MODAL MINIM

Seperti yang juga pernah saya tulis disini, yang namanya memulai sebuah usaha tidaklah mudah. Sangat sulit. Dibutuhkan pengorbanan waktu, tenaga dan materi yang tidak sedikit.

Namun sebenarnya, selalu ada jalan untuk memulai sebuah usaha. Saya percaya sebuah kalimat yang mengatakan bahwa semakin besar resiko sebuah usaha, semakin besar juga tingkat keuntungan yang mungkin diraih. Maka memulai usaha dengan modal minim bahkan nyaris tanpa modal seringkali distreotipe sebagai bisnis yang juga memiliki keuntungan yang minim. Namun, seandainya keuntungan minimal yang bisa diraih tersebut jika bisa dilakukan dengan serius dan tekun tentu hasilnya juga tidak akan sekedar minimal lagi. Nggak percaya? Banyak sudah kok contoh pengusaha yang berhasil sukses dengan bisnis-bisnis bermodal minim ini.

Mari memulai usaha, berapapun modal yang ada...
(sumber gambar: maxmanroe.com)
Ada beberapa contoh usaha yang bisa dimulai dengan modal yang minim, bahkan sambil berkerja sekalipun.

Menjadi reseller dan dropship

Internet membuat banyak perubahan berarti dalam kehidupan manusia. Termasuk pula dalam gaya berbelanja masyarakat. Jual beli online sudah menjadi hal yang jamak dikalangan masyarakat.

Hal ini tentu saja hal yang baik untuk para calon pengusaha. Untuk berjualan suatu produk, seorang pedagang tidak perlu lagi harus menimbun barang dagangannya serta menyediakan toko yang sudah pasti menuntut persediaan modal yang tidak sedikit. Cukup dengan sebuah website (bahkan dengan domain gratisan ataupun akun media sosial sekalipun), seseorang sudah bisa menjadi pedagang, entah dengan menjual produk hasil sendiri maupun menjualkan produk orang lain.

Adapun hal yang harus diperhatikan ketika hendak menjadi Reseller atau Dropship ini adalah kualitas produk yang dijual. Kita harus bisa memastikan bahwa produk yang kita jual itu memang bagus. Selain itu kita harus juga yakin bahwa produsen yang produknya kita reseller ataupun dropship-kan adalah perusahaan yang memang bisa terpercaya. Kita tidak inginkan costumer kita dibuat kecewa.

Blogger

Beberapa tahun yang lalu, tidak terbayangkan bahwa internet akan menghasilkan berbagai macam jenis perkerjaan baru. Salah satunya adalah menjadi seorang blogger.

Hari ini, blogger telah menjadi salah satu perkerjaan yang cukup menghasilkan. Dengan sedikit kreatifitas serta sedikit kemampuan komputer standara, seseorang sudah mampu membuat blog. Blog-blog yang memiliki trafik sangat bagus, tidak jarang membuat sang pemiliknya jadi kaya raya.

Adapun yang harus dipersiapkan untuk bergelut di dunia web-blogging ini adalah kemampuan di dunia tekhnik informatika. Serta jeli untuk melihat peluang monetize blog atau web kita. Karena sekarang bukan lagi cuma google adsense yang bisa diandalkan buat menghasilkan uang dari blog. Kalau jeli, ada banyak kesempatan lain yang bisa kita manfaatkan untuk menambah pundi-pundi uang kita.


Marikxon Manurung, konon menghasilkan 50 juta per bulan dari blognya
(sumber gambar: linkedin.com)
Penulis lepas

Bagi para pengelola website, artikel adalah salah satu hal yang sangat menentukan. Karena itu ketersedian tulisan yang sesuai dengan kebutuhan website menjadi sangat penting. Selain itupula, saban tahun para penerbit-penerbit buku terus berusaha mencari penulis-penulis baru yang memiliki karya mumpuni untuk naik cetak.

Menjadi penulis lepas saat ini memang belum menjadi perkerjaan yang populer. Maklum, kekayaan intelektual memang belum cukup dihargai dengan cukup layak di Indonesia. Tapi, jika seandainya kita mampu mengimbangi dengan produktifitas yang tinggi, tidak mustahil kita bisa menghasilkan pundi-pundi uang yang cukup memadai. Apalagi menulis adalah skill yang bisa dipelajari. Semakin terbiasa kita melakukannya, semakin mudah kita melakukannya.

Agen Asuransi dan MLM

Sejujurnya, menjadi agen asuransi ataupun MLM adalah perkerjaan yang sangat menjanjikan. Banyak yang sudah terbukti sukses melakukan hal ini. Sebut saja Merry Riana. Selain itupula, menjadi agen asuransi dan MLM akan melatih kemampuan marketing kita.

Sayangnya orang-orang seringkali keburu alergi duluan saat mendengar nama agen Asuransi ataupun MLM. Padahal tidak semua agen asuransi dan MLM itu buruk. Bahkan boleh dibilang menjadi agen asuransi dan MLM adalah perkerjaan mulia, karena sistem yang dibentuk idealnya akan membuat para member untuk bisa sukses bersama-sama. Tapi tentu saja seandainya kita memilih asuransi atau MLM yang benar dan bukan yang abal-abal.

Memulai bisnis agen asuransi tidak membutuhkan modal besar. Hanya diperlukan biaya pendaftaran yang terbilang minim, seseorang sudah bisa memulai usaha ini. Kemudian kemampuan menjual produk dan tentu saja kualitas produk yang dijuallah yang akan menentukan keberhasilan seseorang di bisnis ini.


Merry Riana, suksesnya bermula dari menjadi agen asuransi...
(sumber gambar: kataupdate.blogspot.com)
Demikian beberapa jenis perkerjaan yang bisa dimulai dengan dana yang terbilang minim. Sebenarnya masih banyak jenis bisnis yang bisa digeluti dengan modal yang tak terlalu besar. Semuanya kembali bergantung pada kreatifitas dan kemampuan kita menangkap peluang.

Dan kalaupun anda memiliki ide yang hebat dan berniat mencoba memulai bisnis yang lebih besar dengan ide tersebut, mengapa tidak coba membuat proposal bisnis dan menawarkannya pada investor. Percayalah, ide yang hebat bernilah jauh lebih mahal dari apapun juga!

8 komentar:

  1. sudah pernah melakukan beberapa tapi yang paling penting memang seberapa bsar effort kita dalam menjalankan bisnisnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali bang, yang namanya perkerjaan, apapun itu akan ada yang harus kita korbankan, yang penting kita enjoy menjalaninya, apalagi bisnis... thanks udah berkunjung...

      Hapus
  2. Wehehe, kalo soal blogger itu bener banget. Udah banyak temen-temen gue yang menghasilkan uang dari blog, selain pemasukan dari GA. Semoga bisa cepet nyusul. Aamiin.

    Nah, sekarang MLM citranya emang udah buruk banget. Ya... karena kebanyakan bukan MLM, tapi malah money game yang skema piramida itu.

    Oke, semoga kelak bisa memulai bisnis (kalo bisa dari hobi nge-blog).

    BalasHapus
    Balasan
    1. MLM sebenarnya nggak buruk, cuma kadang-kadang kita salah memilih MLM-nya. Sebabnya karena memang mental kita yang kepengen sukses instant. Salah satu cara termudahnya untuk memilih MLM adalah memastikan MLM tersebut anggota APLI (Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia).

      Hapus
  3. Iman, bunda dulu pertama kali terjun ke dunia online adalah menjadi Reseller dari Formulabisnis, tapi karena mindset kurang mumpuni, akhirnya beralih ke dunia blogging ajalah. Ternyatta di dunia blogging ini ada juga rezeki yang masuk, sambil ngeblog for fun. Bunda sedang belajar untuk memonitize blog, tapi rupanya perlu belajar lebih keras dan serius mengisi blog routinely. Itu yang susah, hehe...tapi insya Allah, di mana ada kemauan pasti di situ ada jalan, kan? Sukses ya dengan aktivitasnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih bunda, salam kenal. Saya juga selama ini hanya nge-blog untuk fun saja. Baru beberapa waktu belakangan ini aware bahwa ternyata blog juga bisa mendatangkan uang dan mulai serius menggarapnya. Mungkin kapan-kapan jika tidak berkeberatan, saya bisa sharing banyak hal dari bunda. Selain nge-blog saya juga merintis usaha kecil-kecilan, siapa tahu dari pengalaman bunda saya bisa banyak belajar. Setiap orang harus terus belajar, termasuk dari pengalaman orang lain :) sekali lagi terima kasih.

      Hapus
  4. Sebenarnya saya sangat tertarik untuk memulai bisnis dengan modal minim, hanya saja banyak kendala yang menghinggapi, utamanya adalah rasa percaya diri. Tapi, suatu ketika saya yakin kalau saya pasti bisa untuk memulai usaha dan sukses. #Optimis. :)

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya ketika memulai bisnis ada paradigma yang harus dirubah yaitu keinginan untuk mengambil keuntungan secepat dan sebesar mungkin. Tapi pakai paradigma investor yang biasanya baru mengambil hasil setelah 2 atau 3 tahun. Jadi kuncinya tekun membangun brand, dan setelah 3 tahun ketika brand telah terbentuk, keuntungan akan mengalir dengan sendirinya. Itu sih dari pengalaman dan pembelajaran saya untuk memulai usaha.

      Hapus

Copyright © 2014 SANTOSA-IS-ME