Senin, 12 Oktober 2015

TALKSHOW KESEHATAN MATA DAN GIGI DARI MITRA MEDIKA

Masa pertumbuhan adalah masa-masa untuk anggota tubuh seorang anak untuk terus mengalami perubahan. Pada masa inilah sedikit demi sedikit organ tubuh mengalami penyempurnaan hingga kemudian berhenti ketika si anak tiba di akhir masa pertumbuhan.
Mata dan gigi adalah dua organ yang mengalami pertumbuhan paling signifikan sepanjang usia pertumbuhan. Pada saat dilahirkan, seorang anak hanya memiliki kemampuan pandangan yang sangat terbatas hingga hanya memungkinkan melihat sampai pada wajah ibu ketika si anak sedang di gendong di dada. Begitupun organ gigi, pada saat dilahirkan bayi tanpa gigi. Kemudian akan tumbuh gigi yang dikenal dengan gigi susu. Gigi-gigi susu ini kelak pada waktunya akan rontok dan digantikan dengan gigi dewasa yang akan kita miliki hingga usia senja kelak.

Meski pertumbuhan dan perubahan pada mata dan gigi adalah hal yang alami, namun bukan berarti proses pertumbuhan ini tidak perlu diberi perhatian khusus. Penyimpangan dan ketidak normalan ini sudah jamak sekali terjadi, karena itulah idealnya orang tua harus rutin memeriksakan anaknya ke dokter untuk memastikan berjalannya proses pertumbuhan ini sesuai dengan yang diharapkan.

Contohnya adalah dalam proses pergantian dari gigi susu menuju gigi dewasa. Karena seringkali rontoknya gigi susu ini tidak terjadi dalam waktu bersamaan, maka pertumbuhan gigi dewasa yang permanen ini jadi tidak sempurna. Inilah yang banyak orang menyebutnya sebagai ginsul. Pada beberapa orang ini tidak terlalu menjadi masalah, namun pada beberapa orang lainnya justru sangat mengganggu terutama dari segi penampilan.

Tentu hal ini masih bisa diperbaiki dengan bantuan medis. Namun sayangnya, karena ingin menghemat biaya ataupun karena pengetahuan yang kurang, banyak pasien yang mengalami gangguan pada mata maupun gigi memilih jalan yang tidak tepat. Seperti pada kasus gigi tidak rata, banyak yang menggunakan kawat gigi tanpa ada pengawasan dokter. Atau dalam kasus rabun mata, menggunakan kontak lensa yang tanpa rekomendasi dokter. Hal ini bisa jadi bukannya membantu, namun malah semakin memperparah kondisi anak.

Untuk memberi pemahaman dan informasi lengkap kepada masyarakat itulah Rumah Sakit Mitra Medika Pontianak mengadakan Talk Show kesehatan yang khusus membahas dua hal ini. Pembicara pertama adalah drg. Julvan GM Nainggolan, Sp.Ort yang akan menjabarkan secara khusus tentang "Gigi sehat pendukung tumbuh kembang anak," dan "Kawat gigi dalam pandangan estetika dan kesehatan." Dengan demikian harapannya adalah agar orang tua memperhatikan kesehatan gigi anak serta memahami benar tentang pemakaian kawat gigi tidak hanya untuk tujuan estetika namun juga medis.

Jangan sampai terlewat tanggalnya....
(sumber gambar: mitramedikahealthcare.com)
Sementara pembicara kedua dr. Nassa Rachmatika, Sp.M bakalan bicara seputar "Deteksi dini dan penanganan masalah mata pada anak," serta "Deteksi dan penanganan selaput mata (pterigium)." Harapannya orang tua dapat mengetahui beberapa gangguan mata pada anak yang sering terjadi dan bagaimana seharusnya hal ini diatasi.

Talkshow kesehatan ini akan dilaksanakan pada hari sabtu, 24 Oktober 2015 dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Bertempat di lantai 5 RS Mitra Medika Pontianak, Jln. Sultan Abdurrahman No.25 Pontianak.

Pendaftaran dapat dilakukan melalui sms ke nomer 0812 5010 4688 atau telepon ke nomer 0561-584888. Acara ini terbuka untuk umum dan gratis, namun diwajibkan untuk melakukan pendaftaran terlabih dahulu karena tempat terbatas.

Nah, butuh alasan apa lagi untuk ikutan? Bakal dapat informasi kesehatan yang sangat bermanfaat, gratis pula. Tidak bakalan rugi. Apalagi juga akan ada souvenir menarik, doorprize khusus, serta snack dan makan siang. Belum cukup, di tempat acara juga bakalan ada konsultasi kawat gigi gratis. Jadi catat baik-baik tanggal acaranya, jangan sampai kelewatan.

Informasi lebih lengkapnya bisa kunjungi website RS Mitra Medika Pontianak di www. mitramedikahealthcare.com

2 komentar:

Copyright © 2014 SANTOSA-IS-ME