Jumat, 06 Mei 2016

LEGITNYA BISNIS PENGIRIMAN, SEBUAH CERITA DARI BUJANG KURIR DAN JNE EXPRESS

Sepertinya bisnis kurir-mengkurir sedang ngehits belakangan ini. Dalam dua pekan ini saya bertemu dengan pelaku usaha ini yang bercerita gimana program-program mereka untuk terus mendulang sukses dalam dunia antar-mengantar.

Dua pekan lalu saya berkenalan dengan Rizky, owner Bujang Kurir, jasa pengantaran lokal Pontianak yang bermoto "Adek Pesan, Abang Antar." Saat bercerita, usahanya ini sudah memasuki bulan kesepuluh. Dengan sembilan orang armada dan dua orang operator, Bujang Kurir kini perbulannya mengantarkan hingga lebih ke seribu pelanggan. 
Bersama Rizky, owner Bujang Kurir
(sumber gambar : dokumentasi pribadi)
Meski hanya mengakomodir pesanan dalam kota, Bujang Kurir ternyata punya pangsa pasar sendiri. Menyadari omset terbesarnya datang dari mengantarkan pesanan makanan, Bujang Kurir lantas membangun sinergi dengan pengusaha-pengusaha rumah makan. Dengan begitu pengusaha rumah makan tidak perlu menyediakan armada untuk menyediakan jasa pesan-antar.  

Diakuinya, ide awal memulai Bujang Kurir adalah meniru kesuksesan GoJek di beberapa kota besar di Indonesia. Namun menurutnya, seiring berjalannya waktu, ia terus berusaha menyesuaikan dengan pasar Pontianak yang jelas berbeda dengan kota-kota besar lainnya. Pontianak punya karakteristiknya sendiri, karena itulah di awal, butuh waktu baginya menemukan formula yang tepat untuk bisnis jasa satu ini. Rizky mengaku ia sempat melakoni sendiri peran sebagai kurir, operator dan manajemen sekaligus diawal memulai usahanya dulu.

Lain Bujang Kurir, lain pula JNE. Sebagai salah satu penguasa pasar jasa pengiriman dan logistik nasional, JNE terus berinovasi untuk terus mengembangkan bisnisnya. Perkembangan tekhnologi yang demikian pesatnya, mau tidak mau juga membuat JNE mau beradaptasi. Sekedar mengandalkan nama besar untuk terus bertahan jelas bukan pilihan bijak. Karena itulah JNE berusaha untuk semakin ramah dengan tekhnologi.


Kopdar MY JNE yang dihadiri oleh para blogger, awak media dan pelaku UKM
(sumber gambar : dokumentasi pribadi)
Salah satunya dengan meluncurkan aplikasi My JNE. Aplikasi ini membantu para pelanggan JNE untuk melakukan banyak hal. Mulai dari pengecekan tarif, menemukan outlet JNE terdekat, tracking barang kiriman, hingga My COD Wallet yang tidak ubahnya seperti rekening bersama. Dengan JNE yang berada di dalam genggaman, membuat kemudahan berkirim-barang jadi sesuatu yang semakin nyata. 

Begitulah Mayland Hendar Prasetyo, Marketing Communication Division JNE bercerita bagaimana IT development menjadi salah satu fokus perhatian JNE. Saya beserta awak media dan para blogger kota Pontianak diundang dalam acara Kopdar My JNE pada senin (26/4) kemarin. Kopdar ini juga menjadi ajang bagi para pelaku usaha perdagangan daring untuk mengenal lebih jauh layanan-layanan yang dimiliki oleh JNE.

Mayland mengakui perkembangan perdagangan online dan e-commerce saat ini berdampak besar bagi usaha jasa pengiriman. Kehadiran banyak e-commerce dan pedagang online kini membuat batasan-batasan atas transaksi semakin memudar. Karena itulah jasa pengiriman dan logistik seperti JNE menjadi kian signifikan. E-commerce yang menyerbu Indonesia-pun tak cuma yang datang dari dalam negeri, beberapa e-commerce luar yang sudah punya nama mulai melirik pasar Indonesia. Jual-beli online sekarang sudah menjadi gaya hidup baru.
Mengecek tarif bisa dilakukan dengan aplikasi My JNE
(sumber gambar : dokumentasi pribadi)
Di Pontianak saja misalnya, ia mengatakan bahwa tiap harinya ada enam ton barang masuk. Kebanyakan adalah produk elektronik alias gadget kemudian disusul produk fashion dan kosmetik wanita. Sementara produk keluar dari Pontianak jumlahnya hingga dua ton perhari. Ketimpangan ini menunjukkan masih belum kuatnya branding produk lokal Pontianak. Karena itulah, menurut Mayland, JNE sangat peduli dengan usaha untuk memajukan UMKM lokal salah satunya di bidang kuliner. Kini sudah ada hampir 6000 produsen makanan baik basah dan kering yang sudah berkerja sama dengan JNE. 

Meski beberapa usaha e-commerce sekarang telah memiliki jasa pengiriman sendiri, JNE mengaku belum tertarik untuk terjun langsung di dunia e-commerce. Menurut Mayland, ada banyak ruang pasar di jasa pengiriman yang masih bisa digarap oleh JNE. Misalnya soal packaging yang sering kali jadi kendala bagi UMKM. Saat ini, JNE sedang mencoba membangun Packaging Centre di Jakarta. Dengan adanya Packaging Centre kedepannya pedagang cukup membawa produk dagangannya saat hendak mengirimkannya. Mayland mengakui saat ini JNE sangat fokus mengembangkan Pckaging dan IT Centre ini agar bisa dinikmati oleh pelanggannya di seluruh Indonesia.
Mayland Hendar Prasetyo, Marketing Communication Division JNE
(sumber gambar : @dodon_jerry)https://twitter.com/dodon_jerry 
Persaingan di bidang jasa pengiriman dan logistik memang kian sengit, baik yang berskala lokal maupun nasional. Namun Mayland menegaskan bahwa JNE tidak gentar, ia yakin masing-masing memiliki pangsa pasarnya sendiri. Bukan berarti bahwa JNE hanya diam saja, beberapa program andalan JNE merupakan hasil dari usaha memahami konsumen terus menerus. JESIKA, layanan jemput ASI misalnya merupakan bentuk komitmen JNE terhadap kebutuhan para Ibu masa kini untuk tetap memberikan ASI pada anaknya.  

Berpengalaman hampir 26 tahun di dunia kurir-mengkurir, JNE berharap bisa semakin canggih dan semakin dekat dengan konsumen. Berawal dengan mobile apps yang kini membuat JNE sedekat dalam genggaman, kedepannya JNE akan terus mengintegrasikan tekhnologi dalam layanannya. Tujuan tentu saja, agar layanan JNE semakin mudah diakses, semakin cepat dan semakin dekat dengan para konsumennya.

Jadi, segeralah unduh My JNE di Google Playstore lalu kirim sesuatu ke pemilik blog ini hehehe...

2 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    BalasHapus
  2. raja889 taruhan bola online terbaik dan terpercaya.
    ada banyak game menarik yang bisa kalian mainkan seperti sportsbook, casino, bola tangkas, dan TGL.
    bergabung bersama kami, kalian akan diberikan banyak bonus seperti :
    - Bonus New Member
    - Bonus Registrasi
    - Bonus Referral
    - Bonus Deposit
    - Bonus Withdraw
    - Bonus Turnover
    - Bonus Cashback dan masih banyak bonus - bonus lainnya!

    Ayo segera daftarkan diri kalian dan mainkan game nya di situs kami, rajajudi889.

    BalasHapus

Copyright © 2014 SANTOSA-IS-ME